Kecanduan Bermain Game, Wawan 'Game' Akan Marah Jika Tangannya Dipegang

Kecanduan Bermain Game, Wawan 'Game' Akan Marah Jika Tangannya Dipegang

LIPUTAN NEWS - Iwan Setiawan alias Wawan tengah menjalani terapi akibat kecanduan game. Jari jemari Wawan terus bergerak setiap saat seolah sedang bermain game di ponsel.

"Tangannya itu seperti memegang benda yang dimainkan, akhirnya saya tanya keluarganya (paman) Wawan, 'Apa Wawan kencanduan game?' 'Iya, Pak, dulu menang kecanduan game,'" kata Pendiri Yayasan Jamrud Biru Hartono saat ditemui di Jalan Asem Sari II, Mustika Jaya, Kota Bekasi, Kamis (18/7/2019).

Hartono menyebut Wawan memainkan jari-jemarinya selama berjam-jam bahkan ketika hendak tidur. Dia bahkan memberontak apabila jemarinya dipegang atau disembunyikan.

"Tetap aja dia berontak balik lagi, karena kategori Wawan ini pasif ya, tidak perlu tindakan-tindakan yang mengeluarkan tenaga," jelas Hartono.

Wawan dibawa ke Yayasan Jamrud Biru sejak April 2019. Di sana, dia mendapatkan perawatan hingga terapi untuk kesembuhan mentalnya.


Salah satu terapi yang dilakukan adalah senam bersama. Namun Wawan cenderung lebih fokus hanya pada jari-jemarinya dan tidak mengikuti kegiatan senam sebagaimana yang lain.

"(Jika tangannya dipegang) dia akan kembali lagi, maksa dia. Saya udah kantongin tangan dia, tapi ya tetap aja," lanjutnya.

Selain dengan 'menyembunyikan' tangan, Wawan dipijat refleksi. Hal ini dilakukan untuk mengendurkan saraf-sarafnya agar kembali rileks.

"Kita persuasif aja mengurusi Wawan, di antaranya Wawan perlu namanya pendekatan-pendekatan yang tangannya dimasukin ke kantong atau refleksi apakah ada saraf yang membuat kayak gitu, kategorinya lumayan parah," tuturnya.

Meski Wawan dikategorikan kecanduan game, keseharian dia saat ini tidak pernah memegang ponsel. Wawan cenderung lebih senang memainkan jemarinya seolah dia tengah bermain game.

"Sekarang ditaruh (ponsel) sama dia, dia lebih asyik sama tangannya seolah-olah tangannya main HP. Kalau kita perhatikan dengan jempol di tangan dia, apalagi kalau nggak megang HP," sambungnya.

Yayasan Jamrud Biru merupakan panti sosial yang khusus menangani orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Ada ratusan pasien yang mendapatkan terapi di panti asuhan tersebut dengan permasalahan yang berbeda-beda.
Kecanduan Bermain Game, Wawan 'Game' Akan Marah Jika Tangannya Dipegang Kecanduan Bermain Game, Wawan 'Game' Akan Marah Jika Tangannya Dipegang Reviewed by Juevani on Juli 18, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar